Cita-cita

Jadi begini, jika bercerita tentang masa kecil, pasti tidak akan luput dari cita-cita. Apalagi, anak-anak generasi 90-an akrab dengan Susan yang suka ditanyai kalau gede mau jadi apa.

Nah, barang tentu saya pun punya cita-cita, dan harus keren tentunya. Dokter, pilot, astronot, profesor, polisi, terlalu biasa untuk saya, karena mayoritas anak-anak lainnya dengan fasih menyebutkan itu.

Waktu sebelum sekolah, tiap ditanya cita-cita, dengan bangga saya selalu menjawab ingin menjadi Ibu Pertiwi. Konon, jawaban tersebut selalu mengundang gelak tawa orang yang mendengarnya.

Lantas, saya bingung kenapa ingin menjadi Ibu Pertiwi terdengar menjadi sangat menggelikan di telinga orang dewasa? Toh, Ibu Kartini, Ibu Dewi Sartika, mereka keren-keren dan tidak ditertawakan, kenapa Ibu Pertiwi sebaliknya?

Waktu berjalan, dan kemudian saya sadar bahwa Ibu Pertiwi merupakan sebutan untuk tanah air Indonesia. Saya kira Ibu Pertiwi merupakan nama perempuan pahlawan juga. Sekarang, saya tahu mengapa orang dewasa tertawa setiap mendengar cita-cita saya.

#30hbc1826
#30hbc18masakecil
#30haribercerita
@30haribercerita