Wih Google Ganti Logo Baru!

Wahlberg_DotsSequence-A_600x338_JRS_2015-08-25

1 September 2015, menjelang tengah malam ada pesan baru masuk ke kotak pesan elektronik saya. Subjeknya tentang pengumuman logo baru Google. Biasanya, saya sering mengabaikan email-email press release yang disebar oleh para public relation, tetapi kali ini saya sangat tertarik.

Tentu saja, hal itu karena andil nama besar Google. Saat ini, hampir semua orang pasti mengenal Google, bahkan ada yang sampai menyembahnya dan memanggilnya dengan mbah. Google, si perusahaan raksasa teknologi itu memang terkenal dengan inovasi-inovasinya, dan ternyata hal itu juga berlaku untuk tampilan dan branding image.

Dalam email yang saya terima, dilampirkan juga tampilan logo Google terbaru. Sekilas saya lihat, perubahan yang menonjol ada pada jenis font-nya. Kali ini rasanya lebih casual dan soft dibandingkan dengan huruf sebelumnya. Namun, kesederhanaan dan warna-warni pada logo sebelumnya tetap dipertahankan.

Selain logo brand, Google juga mengubah logo untuk aplikasi-aplikasi yang dikembangkannya. Misalnya saja adanya elemen baru seperti mic berwarna-warni akan membantu pengguna mengidentifikasi dan berinteraksi dengan Google, baik ketika pengguna berbicara, mengetuk, atau mengetik.

Di sisi lain, kita juga bisa mengucapkan selamat tinggal kepada ikon “g” biru yang biasa kita lihat, karena logo tersebut akan digantikan dengan simbol yang sesuai dengan desain logo yang baru.

Perubahan logo ini akan mulai diaplikasikan pada Google Search dan Maps, kemudian berlanjut kepada produk-produk lainnya dalam waktu dekat. Evolusi logo juga segera terlihat pada hasil pencarian, sehingga tampilan saat googling akan tampak lebih segar.

Semoga inovasi yang dilakukan Google ini bisa memberikan inspirasi bahwa perubahan harus terjadi jika kita ingin terus bertahan.

Share This:

Published by

1 Reply to “Wih Google Ganti Logo Baru!

Leave a Reply