Sunrise di Punthuk Setumbu

Menikmati sunrise bagi sebagian orang bisa menjadi momen yang sangat menakjubkan, seperti saya misalnya yang agak susah bangun pagi. Banyak tempat menarik yang bisa jadi spot tak terlupakan untuk melihat sang surya mulai menyingsing dan menyinari bumi, salah satunya di puncak Bukit Punthuk Setumbu.

Bukit tersebut berada sekitar 4 KM di arah barat Candi Borobudur, pada kondisi cerah pengunjung bisa menikmati matahari terbit sekaligus melihat kemegahan candi Buddha terbesar di dunia itu dari atas. Kebetulan akhir tahun lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti media trip bersama rombongan Humas Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

2012-12-08 05.30.26

Untuk menuju bukit yang berada pada ketinggian 400 m dpl, pengunjung bisa menaiki angkot dari halaman parkir Candi Borobudur menuju Desa Karangrejo. Sebenarnya ada alternatif transportasi lain misalnya ojek, menggunakan sepeda atau bahkan berjalan kaki. Namun, semua moda transportasi itu hanya berhenti di halaman parkir Desa Karangrejo, setelah itu pengunjung tetap harus mendaki bukit dan melintasi jalanan terjal yang ditutupi pepohonan. Perlu sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak bukit.

Meskipun cukup melelahkan, tapi semuanya akan terbayar lunas ketika sudah sampai di puncak. Mentari yang tersenyum akan menyambut kita dan sekan meluruhkan semua peluh yang kita dapatkan selama perjalanan. Waktu yang paling baik untuk menikmati sunrise tersebut sekitar pukul 05.30 WIB, jika agak kesiangan, pengunjung masih tetap dapat menimakti pemandangan megahnya Candi Borobudur, hanya sayang minus suasana mistis matahari terbit.

Selain itu, di puncak bukit juga disediakan makanan dan minuman khas daerah sana, seperti nasi pincuk dan wedang jahe. Hmmm nikmat rasanya ketika hangatnya sinar mentari menyentuh kulit ditambah hangatnya minuman yang melintasi kerongkongan 🙂

 

Share This:

Published by

Leave a Reply