Promosikan Bisnis Secara Gratis Melalui Fitur Google Bisnisku

Banyak cara dilakukan untuk mempromosikan bisnis atau usaha, baik secara cuma-cuma maupun berbayar. Misalnya, dengan menggunakan teknologi informasi dan memanfaatkan berbagai macam fitur yang bisa digunakan secara gratis.

googlemybusiness8

Salah satunya adalah fitur Google My Business atau Google Bisnisku adalah layanan gratis dari Google yang didesain khusus untuk sebuah bisnis, produk, merek, artis, dan organisasi untuk mengelola kehadiran online mereka dengan cepat dan mudah.

Google Bisnisku dikembangkan untuk membantu para pebisnis untuk bisa secara langsung terhubung dengan para pelanggan yang mencari bisnis mereka di Google Penelusuran, Google Maps, atau Google+.

Ketika sebuah bisnis terdaftar dengan Google Bisnisku, mereka bisa menempatkan informasi yang tepat bagi pelanggan, baik berupa petunjuk arah ke lokasi bisnis, jam buka, atau nomor telepon yang dapat langsung diklik untuk menghubungi melalui ponsel.

Untuk mendaftarkan bisnis dalam direktori Google Bisnisku, pelaku usaha cukup mengunjungi tautan www.google.com/business, kemudian klik tombol “Tampil di Google” di bagian atas laman, kemudian ikuti langkah-langkah untuk menambahkan informasi bisnis ke Google.

Google Indonesia melansir setidaknya ada tiga manfaat utama yang bisa didapatkan para pelaku usaha dengan mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku:

Pertama, dengan angka pengguna internet di Indonesia yang terus bertumbuh, jarak antara pengusaha dengan pelanggan hanya tinggal sekali klik. Ketika informasi seputar bisnis tersedia di Google, hal ini mempermudah pelanggan untuk mencari segala sesuatu tentang sebuah bisnis secara online, seperti jam buka toko, informasi kontak, dan petunjuk arah.

Kedua, informasi bisnis yang terverifikasi bisa muncul di Google Maps, sehingga membantu pelanggan menemukan petunjuk arah ke lokasi bisnis dengan mudah. Mereka juga bisa melihat ulasan tentang sebuah bisnis.

Ketiga, Google Bisnisku juga membantu para pelaku usaha membangun basis penggemar setia. Pelanggan dapat menunjukkan penghargaan mereka dengan skor bintang dan ulasan, tombol +1 untuk mendukung konten, dan membagikan ulang pos Google+ di web.

Selain itu, dengan Aplikasi Google Bisnisku yang tersedia di Android dan iOs, pebisnis bisa mengedit info bisnis mereka, membaca dan menanggapi ulasan dari pelanggan, atau mendapatkan wawasan mengenai cara pelanggan menemukan bisnis Anda dari satu dasbor, langsung dari dari ponsel atau tablet.

Google Indonesia percaya, jika para pebisnis terus berusaha untuk membuat usahanya semakin terlihat di web, akan membuat pelanggan lebih mengenal bisnis tersebut. Pasalnya, dalam data studi Consumer Barometer 2014, mengungkapkan bahwa 28% orang Indonesia melakukan pembelian langsung dari smartphone mereka. Angka tersebut naik 50% dari tahun lalu, yang berarti target konsumen yang eksis di dunia maya akan terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Share This:

Published by

Leave a Reply