Mau Liburan di Bali? Cek Dulu Alternatif Pilihan Penginapan dan Aktivitas Ini

Tidak terasa sudah menginjak bulan ketiga hidup di Birmingham sejak hijrah pada pertengahan September tahun ini. Banyak kejadian yang sudah dilalui dan banyak hal yang sudah dirindukan, salah satunya adalah liburan. Believe it or not, bahwa saya lebih merindukan liburan di Indonesia ketimbang di Inggris yang mayoritas isinya cuma kastil, mana dingin pula. Kebayang enaknya liburan ke pantai di Indonesia dan bermandikan cahaya matahari yang tumpah ruah.

Saya sudah punya target lokasi yang pengen disambangi sekembalinya ke Indonesia, yakni Maluku, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat/Timur, dan Bali. Ya, meskipun sudah sangat mainstream, tetapi Bali tetap jadi tempat liburan utama yang bisa jadi tujuan kalau mau liburan yang santai. Pasalnya, Bali sudah sadar wisata dan fasilitas yang ada sangat mendukung buat para turis, sehingga tidak usah terlalu repot untuk riset seperti kalau mau ke lokasi liburan baru.

Meskipun demikian, perencanaan sebelum liburan tetap harus dilakukan, dan selama ini, salah satu hal yang paling menantang sekaligus paling saya nikmati saat liburan adalah bagian merencanakan perjalanan. Menyusun itinerary, berburu tiket pesawat/kereta yang sesuai dengan jadwal cuti/liburan, booking penginapan, hingga riset tentang hal-hal menarik yang harus dilakukan di sana. Berdasarkan pengalaman, memilih penginapan adalah salah satu hal paling tricky, jadi sebelum booking benar-benar harus riset terlebih dulu, cari penginapan yang sesuai dengan kantong.

Khusus untuk Bali, sudah ada nih beberapa yang bisa jadi referensi untuk liburan ke pulau dewata tersebut. Jadi, buat teman-teman yang mau liburan ke Bali, atau menemani saya liburan di Bali tahun depan, daftar penginapan dan kegiatan di bawah ini bisa jadi alternatif pilihan.

Penginapan

Kalau mau liburan dengan rombongan, salah satu tempat yang bisa dijadikan pilihan menginap yaitu Griya Ayu Bali Homestay yang berada di Jalan Pulau Ayu XV nomor 9B. Home stay ini memiliki tiga kamar tidur yang bisa memuat hingga 14 orang. Satu kamar besar dilengkapi AC dan tiga tempat tidur, satu kamar lagi dilengkapi satu tempat tidur kecil dan kipas angin, dan satu kamar lainnya dilengkapi dua tempat tidur dan AC.

Kamar ini menyediakan fasilitas air putih, kompor gas, perlengkapan makan dan memasak, kulkas, dua kamar mandi, serta ruang tamu. Selain itu, Griya Ayu Bali bersebelahan dengan warung jadi ini memudahkan Anda untuk berbelanja kehidupan sehari-hari. Jangan khawatir jika bangun pagi terus perut keroncongan, karena di dekat home stay terdapat “Warung Makan Bu Desak” yang dapat dinikmati dengan harga Rp 8.000. Menariknya, menu di warung ini bisa dipilih sendiri sesuai selera.

(Sumber : griyaayubalihomestay.blogspot.co.id)

Home stay ini terletak di jalan utama yaitu jalan Teuku Umar, dari Bandara Internasional Ngurah Rai, bisa dijangkau dengan menyewa mobil atau taksi dan dapat ditempuh dalam 20-30 menit dengan lalu lintas lancar. Jika Anda memilih rute dengan menyeberang laut maka berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Denpasar ke home stay adalah empat jam atau sekitar 130 km.

Nah, kalau buat yang mau romantis-romantisan di Bali, atau intim dengan keluarga, bisa memilih menginap di hotel berbintang, salah satu yang recommended adalah Grand Inna Kuta yang berlokasi di Jalan Pantai Kuta nomor 1 Banjar Pande Mas Kuta. Letaknya yang dekat dengan pantai Kuta menjadi kelebihan dari Grand Inna. Desain interior yang dipamerkan begitu sederhana dan terlihat stylish. Kita bisa memilih tipe kamar sesuai dengan keinginan, seperti suite, family room, pool/sea view, dan pool access.

Setiap kamar diberikan fasilitas pelengkap seperti water heater, hair dryer, TV, mesin pembuat teh dan kopi, air mineral botol, bathtub, sofa, lemari, dan free wifi. Selain itu, Anda akan terbawa suasana sejuk dan tenang karena kolam renang dikelilingi oleh pohon kelapa dan terdapat mini bar dekat kolam. Untuk memesan kamar dengan harga mulai dari Rp 1,2 juta ini bisa booking hotel di Traveloka.

(sumber: http://www.grandinnakuta.com/)
(sumber: http://www.grandinnakuta.com/)

Aktivitas

Selanjutnya setelah memilih penginapan Anda wajib menentukan objek wisata yang akan Anda kunjungi. Jika Anda berjiwa petualang, maka jarak tak akan menjadi masalah. Beberapa wisata yang bisa menjadi rekomendasi ialah pantai Pandawa, Dream Land, Padang-padang, Blue Point, dan Tanah Lot serta uji adrenalin dengan water sport di Tanjung Benoa.

Bosan hanya bermain air? Anda bisa juga berkunjung ke Kintamani, Pura Besakih, Uluwatu, Museum Blanco Ubud, Garuda Wisnu Kencana, dan masih banyak lagi. Jangan lupa membawa kamera karena setiap momen tidak akan terulang kembali di lain waktu. Pastikan untuk mencari tahu lebih dahulu harga tiket masuk sehingga Anda punya perkiraan budget wisata.

(Sumber : id.balibalibeach.com)
(Sumber : id.balibalibeach.com)

Kuliner

Biasanya hal lain yang dilakukan saat bertualang ke luar kota adalah berburu kuliner. Apakah Anda pernah mendengar Ayam Betutu Gilimanuk? Ya, ini merupakan menu yang selalu dicari wisatawan. Bahan pembuatan ayam betutu sederhana dan jelas berbeda dari cara memasak orang lain pada umumnya ketika membuat ayam panggang.

 

(Sumber : indonesiawow.com)
(Sumber : indonesiawow.com)

Ayam betutu menggunakan bahan dasar ayam kampung yang dimasak dengan rempah-rempah dan cabai merah. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan alumunium foil yang bertujuan agar aroma daun pisang tercium dan ayam pun siap untuk dipanggang dalam oven sampai matang. Bagi Anda pecinta pedas tentunya tidak akan melewatkan kuliner yang satu ini.

Selain ayam betutu, Anda dapat menambahkan Nasi Jinggo, Tipat Blayag, Sate Lilit, Lawar Kuwir, Rujak Kuah Pindang, Serombotan, Nasi Campur Ayam Bali, dan Nasi Tepeng dalam list kuliner. Ada baiknya Anda browsing atau bertanya pada orang terdekat mengenai tempat makan yang menjadi idola wisatawan supaya Anda tidak menyesal nantinya.

Oleh-oleh!

Tujuan akhir yang seringkali bisa membuat wisatawan pusing ialah mencari oleh-oleh untuk keluarga, teman atau kekasih. Anda bisa mengunjungi Pasar Sukawati, Krisna, Pasar Seni Kuta, Pasar Kumbasari, dan Pasar Badung.

bali
(Sumber : pulaubaliku.com)

Bagaimana, sudah siap berlibur atau menemani saya berlibur ke Bali? Oh iya, jangan lupa juga untuk mempelajari kehidupan budaya di Bali, dan cari tahu tentang event-event kebudayaan yang bisa kita ikuti selama liburan. Yuk, selamat menyusun rencana perjalanan!

Share This:

Published by

1 Reply to “Mau Liburan di Bali? Cek Dulu Alternatif Pilihan Penginapan dan Aktivitas Ini

Leave a Reply