Kuliner Makassar yang Serba Pisang

Ada satu hal yang cukup menjadi perhatian saya selama tinggal di Makassar, yakni urusan makanan. Saya melihat banyak sekali jenis makanan tradisional yang berbahan dasar pisang. Padahal, saya tidak pernah melihat ada kebun pisang di Makassar.

Masalah kebun pisang tersebut pernah saya tanyakan kepada seorang teman, dan jawabannya adalah pisang kebanyakan berasal dari daerah di luar Makassar. Meskipun demikian, harus saya akui penduduk ibu kota Sulawesi Selatan ini memang jago mengolah pisang menjadi beragam macam penganan.

Nah, pas saat Ramadan seperti ini, penganan olahan pisang asli Makassar bisa menjadi pilihan menu takjil yang sangat pas. Selain karena mayoritas penganan yang dihasilkan memiliki cita rasa manis, kandungan nutrisinya pun cukup untuk mengisi ulang daya setelah beraktivitas seharian tanpa makan dan minum.

Berikut ini, beberapa penganan manis dari olahan pisang khas Makassar yang cocok dijadikan sebagai menu takjil selama Ramadan.

1. Pisang Epe
Ini merupakan salah satu kudapan yang populer di Makassar dan mudah ditemukan di sepanjang anjungan pantai Losari. Pisang epe berbahan dasar pisang raja atau pisang kepok yang dibakar lalu dijepit hingga agak pipih. Setelah itu dituang gula merah cair, dan sekarang banyak dilengkapi dengan topping yang beragam, seperti keju, cokelat, dan lainnya.

sumber: bkpd.jabarprov.go.id

2. Pallu Butung
Es pallu butung merupakan minuman manis dengan menggunakan pisang yang dikukus dan dilengkapi dengan kuah kental berwarna putih. Untuk menikmati minuman ini, biasanya dilengkapi dengan susu kental manis, atau sirup.

sumber: resepdanmasakan.com

3. Barongko
Barongko merupakan sejenis kue basah yang menggunakan pisang yang dilumat sebagai bahan utamanya. Pisang dicampur dengan gula dan santan, kemudian dibungkus oleh daun pisang kemudian dikukus sebelum disajikan.

sumber: youtube.com

 

4. Es Pisang Ijo
Minuman ini sepertinya sudah tidak asing di telinga, pasalnya sudah banyak penjual es pisang ijo di berbagai daerah. Hampir sama seperti pallu butung, minuman ini menggunakan pisang dan kuah kental sebagai bahan utamanya. Sebagai pembeda, pisan dalam es ini dibalut dengan kulit berwarna hijau, sehingga disebut es pisang ijo.

Es Pisang Ijo di Mama Toko Kue dan Es Krim
Es Pisang Ijo di Mama Toko Kue dan Es Krim

5. Kambeng-kambeng
Penganan ini mungkin masih agak kurang dikenal, tetapi bagi masyarakat Makassar ini merupakan salah satu olahan pisang yang cukup populer (kalau di rumah saya, mirip-mirip cimplung). Kambeng-kambeng berbahan dasar pisang yang sudah tua, kemudian dipotong dadu. Potongan tersebut dicampur dengan adonan tepung terigu dan tepung sagu, kemudian digoreng. Untuk menambah rasa, kambeng-kambeng biasanya disajikan bersama mentega dan gula pasir.

ini sebenarnya foto cimplung, tapi kambeng-kambeng 90% mirip lah kaya gini. sumber: anekakreasiresepmasakan.blogspot.com

 

bonus:

Pisang Peppe’

Ini merupakan olahan pisang yang awalnya saya pikir paling aneh. Ya masa pisang dimakan sama sambel? Di mana-mana pisang itu manis dan cocoknya buat dessert. Namun, orang Makassar cerdik, mengolah pisang mengkal yang digoreng menjadi makanan yang cocok dicocol sambal, namanya pisang Peppe’. Makanan ini menjadi salah satu favorit saya selama ini.

sumber: instagram @kepo_adhyaksa

Share This:

Published by

2 Replies to “Kuliner Makassar yang Serba Pisang

Leave a Reply