Ini Caranya Membuat Mobile Web yang Efektif

Tingginya penetrasi internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi, secara tidak disadari ikut mengubah perilaku masyarakat. Teknologi smartphone saat ini seakan telah menjadi kebutuhan primer, di mana orang-orang bisa mendapatkan semua informasi dan yang mereka butuhkan hanya dari genggaman. Tak heran, jika mayoritas pengakses internet berasal dari pengguna mobile phone dan smartphone.

mobweb
contoh website

Konsumen juga semakin bergantung pada mobile web untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan pembelian. Hal itu membuat kehadiran sebuah perusahaan dalam tampilan mobile web yang efektif menjadi sangat penting demi menggaet jumlah pasar yang potensial.

Vionita Kinarwan, Digital Strategist Google Indonesia memaparkan penciptaan aplikasi dan situs mobile yang baik adalah yang bisa mengakomodasi kebutuhan konsumen yang semakin sibuk.

“Profil masyarakat pengguna smartphone saat ini adalah sibuk, mudah teralihkan perhatiannya, serta malas. Jadi, pengusaha harus tahu bagaimana bisa menarik perhatian mereka,” katanya.

Hal itu bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa prinsip pengembangan aplikasi atau situs mobile sehingga lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna smartphone.

Pertama, adalah dengan membuat tampilan website atau aplikasi yang sederhana dan fokus pada halaman produk. Fungsinya, agar konsumen yang sibuk bisa langsung menemukan benda yang dibutuhkannya.

“Kalau website mobile tidak fokus, atau terlalu banyak menampilkan gambar dan produk, bisa membuat pengguna smartphone marasa malas untuk mencari-cari sebuah barang yang diperlukan,” katanya.

Kedua, pengembang aplikasi dan situs mobile juga harus bisa menggunakan fitur-fitur yang sangat berguna dan memudahkan pengguna smartphone. Misalnya, dengan menyertakan kolom pencarian yang dilengkapi dengan autocomplete.

“Penting untuk menyediakan kolom pencarian di bagian paling atas website, supaya konsumen bisa mencari produk yang dibutuhkan secara langsung sejak pertama kali membuka website,” imbuhnya.

Ketiga, pentingnya sebuah promosi atau program khusus bagi pengguna smartphone, yang bisa meningkatkan loyalitasnya dengan berkunjung ke situs online melalui perangkat ponselnya.

Salah satu contohnya adalah dengan memberikan potongan harga khusus bagi konsumen yang melakukan transaksi melalui smartphone, atau dengan menyedikan produk unggulan khusus bagi mobile user.

“Hal itu akan mendorong konsumen untuk secara aktif menggunakan layanan dari smartphone mereka,” imbuhnya.

Terakhir, dengan menerapkan prinsip less is more, atau semakin sedikit dan efisien fitur yang ditampilkan, maka semakin disukai para mobile user. Hal itu, tentunya tetap harus didukung dengan informasi yang relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Buat aplikasi atau website mobile sesederhana mungkin, tetapi bisa menggiring konsumen untuk mendapatkan yang mereka inginkan,” katanya.

 

 

*artikel ini juga diterbitkan di Harian Bisnis Indonesia dan Bisnis.com

Share This:

Published by

Leave a Reply