Buat Start-Up: Cermati 4 Hal Ini Jika Ingin Dilirik Investor

Tidak dipungkiri, modal dan dana adalah salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan sebuah bisnis. Banyak usaha kecil menengah yang sebenarnya potensial, tetapi harus jalan di tempat karena kurangnya dana untuk ekspansi.

Penulis Buku Easy Enterpreneurs dan Master Coach Formula Bisnis Indonesia Gendro Salim mengatakan pelaku usaha memiliki banyak opsi untuk permodalan, tak melulu melalui pinjaman bank, tetapi bisa dengan mendekati para investor.

“Ada banyak investor yang justru kebingungan menempatkan uang mereka untuk diinvestasikan, dan mereka menunggu presentasi bisnis untuk melihat apakah bisnis itu cukup seksi untuk diinvestasikan oleh mereka,” katanya.

Gendro mengatakan investor memiliki pandangan tersendiri tentang perusahaan seperti apa yang pantas untuk dikucuri modal. Setidaknya ada empat hal yang bisa dicermati oleh para pelaku usaha.

Pertama, investor mencari inovasi, produk yang unik dan berbeda, atau sebuah konsep usaha yang jelas, matang dan kreatif. Kadang tak harus jenis usaha baru, tapi inovasi bisa dimunculkan dari sisi mana pun.

Kedua, investor melihat apa yang disiapkan untuk membuka usaha. Dimulai dari analisis dan perencanaan, hingga detail langkah dalam setiap aspek dalam persiapan usaha.

Ketiga, investor membutuhkan pengusaha yang bisa mereka percaya, yakni pelaku usaha yang terlihat yakin dengan langkah dan rencana bisnisnya.

Keempat, investor tertarik pada keuntungan dan manfaat yang bisa mereka dapatkan dari sebuah usaha bisnis, sehingga perhitungan return on investment usaha sangat penting.

source: entrepreneur.com /Shutterstock

 

Share This:

Published by

Leave a Reply