Daftar Barang yang Perlu Dibawa Saat Belajar ke Inggris

“Mbak, barang apa saja yang harus dibawa saat berangkat ke Inggris?”, “Mbak, enaknya kalo barang ini bawa dari Indonesia atau beli di sana saja ya?”, dst… Pertanyaan-pertanyaan itu mulai rutin mengisi percakapan WA saya, dan tentunya juga pernah menghinggapi kepala saya tahun lalu, saat akan berangkat ke Birmingham.

Sebagai bentuk kepedulian saya (#halah), saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di tulisan kali ini. Tetapi perlu diperhatikan sebelumnya, daftar barang yang saya tulis di bawah ini berdasarkan pengalaman dan prinsip saya yang minimalis (catatan tambahan: saya single). Pasalnya, tahun lalu saya cuma bawa barang kurang dari 15 kilogram dengan ukuran koper sedang, dan alhamdulillah bisa bertahan hingga hampir satu tahun.

Menurut saya, keuntungan dengan tidak membawa barang banyak adalah kalian enggak perlu deg-degan saat tiba di penimbangan bagasi. Karena kalau kelebihan barang beberapa kilo, lumayan banget kena charge-nya. Selain itu, kalau bawa koper yang segede-gede gaban, itu bakal ngerepotin diri kalian sendiri, sekaligus ngerepotin orang lain karena bakal makan tempat banyak banget di kereta/bus, kecuali kalau naik transportasi privat. So far minimalist is always the best way to help yourself.

Jangan khawatir dengan pikiran-pikiran seperti “Kalau nanti barang ini enggak dibawa, beli di sana takut mahal” atau “Aduh, takut nanti di sana kepake”. Percayalah, Inggris itu negara maju, semua barang yang kalian butuhkan akan tersedia di sini (kecuali barang-barang asli Indonesia seperti duren dan gudeg Yu Jum), Amazon dan Ebay akan menjadi teman baik kalian selama di sini. Masalah harga? Jangan khawatir, mayoritas masih affordable kok, terutama jika kita pinter-pinter milih waktu buat belanja maupun milih platform e-commercenya.

Di sisi lain, meskipun kalian mengelak, saya yakin selama di sini kalian pasti akan banyak belanja. Semua barang/pakaian yang kalian bawa dari Indonesia akan tersisihkan dengan barang-barang yang kalian beli di sini. Jadi, buat apa bawa baju banyak-banyak kalau nanti akhirnya gak kepakai, atau pun tetap dipakai, nanti kalian pasti akan ribet saat balik ke Indonesia. Biar tenang, kalian bisa cek harga pakaian di website Primark, yakni toko ritel idola semua pelajar karena harganya yang relatif mureeeeeeh.

Satu lagi, keuntungan belajar di Birmingham atau kota lain yang banyak orang Indonesianya adalah kalian memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan barang-barang lungsuran, mulai dari jaket musim dingin, sepatu hingga perabotan dapur. Jadi jangan takut gak bakal bisa bertahan karena ga bawa barang banyak dari rumah.

Nah, supaya enak, saya bikin daftar sesuai dengan bobot tiap barang, yakni daftar barang bawaan Wajib (ini keperluan dasar yang harus dibawa), Sunnah (boleh dibawa atau tidak), Mubah (Barang-barang yang mungkin diperlukan tetapi tidak penting). So, check this out!

Bawaan Wajib

Dokumen Sebaiknya semua dokumen yang dibawa adalah asli beserta legalisir dalam Bahasa Inggris. Kalau dokumen, sebaiknya dibawa saja meskipun tidak terpakai di sini.
Paspor
Akta kelahiran
Ijazah
Sertifikat IELTS
Sertifikat TB
CAS, LOS/LOG
Obat-obatan Jika kalian punya obat khusus dari dokter di Indonesia, sebaiknya dibawa sekaligus dengan resepnya.
Tolak angin (obat dari segala obat)
Minyak kayu putih
Pakaian Pakaian yang dibawa sebaiknya hanya untuk beberapa hari saja, dengan perhitungan kalian tidak mungkin langsung belanja saat sampai di sini. (Di luar pakaian yang dikenakan saat berangkat ke sini)
Jaket dan syal (1)
Atasan/bawahan sehari-hari (3)
Baju tidur (1)
Baju batik (1)
Pakaian resmi (1)
Blazer/Cardigan (1)
Pakaian dalam (3)
Sepatu (1)
Pakaian thermal/long john (1)
Tas/ransel (1)
(Note: Untuk yang pakai kerudung, gamis/rok sebaiknya bawa agak banyak dari Indonesia. Pasalnya di sini pilihannya ga banyak dan relatif mahal | bawa sajadah dan mukena)
Makanan Jujur saya ga bawa banyak makanan, apa esensinya tinggal di luar negeri kalau masih makan makanan Indonesia? Tapi ini kembali ke masalah selera sih. Gimana kalau kangen masakan Indonesia? Tenang, banyak kok warga Indonesia di sini yang biasanya buka catering makanan Indonesia.
Makanan instan untuk 2-3 hari pertama
Toiletries Jangan berlebihan, cukup bawa perlengkapan mandi dan sehari-hari ukuran travel pack. (Kalian juga bakal jarang mandi di sini. haha)
Handuk (1)
Sabun muka khusus untuk stok (jika memang hanya cocok dengan merek tertentu) | Makeup
Uang Kalian ga perlu repot-repot bawa poundsterling banyak dari Indonesia. Simpan uang kalian di rekening yang ber-ATM Visa/Mastercard sudah aman.
Untuk beberapa pekan pertama sebelum memiliki rekening bank lokal, saya bisa survive dengan uang maksimal 250GBP. Jika kurang, saya bisa mengambil uang tunai dari ATM di sini dengan kartu ATM Indonesia saya. Silakan dicek untuk rates IDR-GBP dan biayanya.
Lain-lain Kalian bisa persiapkan 1 set seprai dan sarung bantal dan perlengkapan makan, atau bisa cek ke agent property masing-masing apakah mereka telah menyiapkan bedding atau belum.
Bagi yang menggunakan kacamata, disarankan untuk membawa kacamata cadangan.

Plug converter dari colokan Indonesia ke colokan UK (1)

Barang Sunnah

  • bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia
  • boncabe dan sambel
  • korek kuping baby (kalau saya wajib)
  • disposable underwear (bermanfaat buat travelling, beli di sini mahal)
  • Sendal jepit
  • jas hujan/jaket anti air

Barang Mubah

  • Ulekan
  • Foto pacar

(list akan terus diupdate kalau tiba-tiba keingetan ada yang kurang)

Nah, untuk packingnya. Semua dimasukkan ke koper bagasi saja, kecuali dokumen dan barang elektronik yang sebaiknya ditaruh di ransel yang bisa dibawa ke kabin. (btw, cek lagi kebijakan tentang bawa laptop ke pesawat).

Untuk perjelasan yang lebih komprehensif dan panjang-panjang, kalian bisa baca di panduannya PPI-MIB di sini.

Share This:

Published by

2 Replies to “Daftar Barang yang Perlu Dibawa Saat Belajar ke Inggris

Leave a Reply